Subscribe by RSS RSS Icon
Follow me on Twitter Twitter Icon

Bayi Lahir Tanpa Kaki dan Tangan

tema : manusia dan penderitaan

KUPANG (Suara Karya): Peristiwa aneh terjadi di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ny Sarialang, Senin (6/3), melahirkan bayi tanpa kaki, tangan, dan dubur di Puskesmas Labuan Bajo.

Kepala Puskesmas Labuan Bajo Fransiskus Yamin, yang dihubungi per telepon dari Kupang pada Selasa (7/3) malam, membenarkan adanya kelahiran bayi aneh itu. Kelahirannya sendiri berjalan normal dan lancar atas bantuan dr Nyoman dibantu bidan dan sejumlah perawat di puskesmas yang dipimpinnya.

Yamin menjelaskan, Ny Sarialang (41), warga Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, itu masuk puskesmas rawat inap itu pada Senin (6/3) pagi sekitar pukul 10.00 Wita. Dalam perawatan kurang lebih dua jam, bayi aneh yang merupakan anak ke-12 Ny Sarialang tersebut lahir dengan selamat. "Tidak ada kesulitan sedikitpun dalam penanganan persalinannya. Dokter Nyoman dan para perawat membantu persalinan itu dengan baik dan lancar," katanya. Yamin juga mengakui dokter dan para perawat kaget karena bayi berkelamin laki-laki itu tidak memiliki tangan, kaki, dan dubur.

Menurut Yamin, untuk membantu menyelamatkan bayi aneh itu, pihaknya segera merujuk Ny Sarialang dan bayinya ke RSUD Ruteng. Kabupaten Manggarai yang baru berusia tiga tahun ini memang belum memiliki RSUD.

"Kita sudah merujuk bayi dan ibunya itu ke RSUD Ruteng untuk ditangani di sana dengan peralatan yang lengkap dan lebih canggih. Bayi itu membutuhkan perawatan khusus," katanya.

Yamin melajutkan, Ny Sarialang berasal dari keluarga tidak mampu sehingga ia dibebaskan dari biaya perawatan di Puskesmas Labuan Bajo. Pembebasan biaya perawatan di RSUD Ruteng pun bisa dilakukan asalkan keluarganya mengurus surat keterangan dari kepala desanya. (Bonne Pukan)

sumber : http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=137661

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Info.

Nulla enim nibh, conse ctetuer sed, vesti bulum eleme ntum, sagittis nec, diam. Mauris blan dit vehi cula neque. Read More

XHTML/CSS validations
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!